Ketahui Seluk Beluk Dari Faktur

Ketahui Seluk Beluk Dari Faktur

Dalam dunia bisnis atau jual beli, peran serta faktur atau yang biasa disebut dengan invoice sangatlah membantu proses transaksi. Dimana dokumen ini berisi mengenai detail dari pembelian barang. Mulai dari banyaknya barang, jumlah barang, harga per item, serta waktu dilakukan pembelian. Selain sebagai rincian pembelian dan bentuk tagihan penjual kepada pembeli. Membuat invoice online juga termasuk sebagai dokumen bukti pembelian barang ataupun jasa. Lalu seperti apa fungsi dan isiannya?

Komponen dalam Invoice

Saat anda memiliki bisnis dan mulai untuk menggunakan invoice sebagai catatan transaksi, anda perlu memperhatikan beberapa hal atau memuat komponen-komponen berikut. Diantaranya :

  1. Tujuan dari penagihan yang ditujukan kepada para konsumen atau pelanggan.
  2. Sertakan identitas penagih. Identitas penagih yang dimaksud ialah perusahaan atau lembaga yang membuat invoice online dan mengeluarkannya.
  3. Jangan lupakan nomor invoice. Komponen yang wajib ada ialah nomor invoice atau nomor surat pemesanan yang memiliki keterkaitan dengan invoice yang dibuat. Hal ini sekaligus dapat membantu proses pencatatan atau perekapan data saat dimasukkan ke dalam komputer.
  4. Nama barang yang dipesan atau dibeli oleh pelanggan. Hal ini merupakan komponen yang sangat penting. sebab dengan adanya nama barang akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail nama barang serta harga dari barang itu sendiri. sehingga tidak akan timbul kesalahpahaman.
  5. Total jumlah pembayaran. Hal ini juga tidak kalah pentingnya, saat memberikan invoice tentukan jumlah dari total belanja harus disertakan. Ini juga akan memudahkan konsumen untuk lebih tahu jumlah pembayaran yang yang harus dilunasi.
  6. Cara pembayaran. Maksud dari cara pembayaran adalah tujuan pembayaran, keterangan nomor rekening dan bank perusahaan. 

Ketahui jenis invoice

Perlu anda ketahui jika terdapat berbagai macam jenis invoice yang sering digunakan dalam sebuah bisnis atau perusahaan. diantaranya :

  1. Jenis invoice biasa

Invoice ini merupakan jenis yang sering digunakan dalam jual beli. Invoice biasa umumnya digunakan pada transaksi pembelian yang sederhana. Pada dokumen invoice biasa umumnya memuat informasi yang sederhana mengenai transaksi pembelian mulai dari jumlah, rincian barang, harga dan juga total pembayaran.

  1. Jenis invoice konsuler

Dalam membuat invoice online, jenis invoice satu ini tidak dapat boleh ketinggalan. Sebab invoice konsuler diperuntukkan untuk transaksi internasional, layaknya aktivitas ekspor dan impor. For your info invoice konsuler juga harus disahkan serta memperoleh izin dari negara maupun negara yang menerima impor dan tak lupa kedutaan negara dari negara asal pengekspor.

  1. Mengenal jenis invoice proforma

Jenis invoice selanjutnya yakni invoice proforma. Dimana invoice ini diberikan kepada pembeli apabila barang yang dipesan dan akan dikirimkan harus secara bertahap. Sehingga invoice satu ini terbilang bersifat sementara. Sebab jika seluruh produk barang yang dibeli telah dikirimkan secara keseluruhan, maka invoice proforma akan diganti menggunakan invoice jenis biasa.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *