Waspadai berbagai jenis bahan kosmetik yang ada dalam kosmetik anda registrasi skincare BPOM

Waspadai berbagai jenis bahan kosmetik yang ada dalam kosmetik anda registrasi skincare BPOM

Terkhusus kaum hawa, tentu penggunaan kosmetik sudah tidak asing lagi dalam aktivitas sehari-hari. Produk kosmetik merupakan bahan yang digunakan pada bagian luar kulit tubuh seperti kulit, rambut, bibir ataupun gigi. Dengan tujuan untuk membersihkan, memperbaiki penampilan, dan juga mengharumkan. Banyak produk memiliki klaim untuk meraih minat para wanita, mu;ai dari berbahan dasar alami, organik, bahkan dapat memutihkan secara instan. Akan tetapi hal ini tentu harus dicek terlebih dahulu kebenarannya apakah sudah registrasi skincare BPOM atau belum. Tujuannya agar anda sebagai konsumen sekaligus pengguna tahu apakah bahan yang digunakan aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Bahan kimia berbahaya

Kosmetik tentu tidak lepas dari bahan kimia, dan beberapa diantaranya da yang aman dan juga tidak, atau bahkan aman dengan syarat batas angka tertentu. Salah satu bahan yang dibatasi penggunaannya secara ketat seperti merkuri, heksaklorofen, dan juga danya tabir surya. Akan tetapi masih terdapat kosmetik curang yang tidak memiliki nomor registrasi skincare BPOM namun berani menjual bahannya secara bebas. Jadi, bagi anda sebelum membeli produk kosmetik, bijak untuk membaca bahan yang terkandung didalamnya. Berikut beberapa bahan kimia berbahaya atau beracun yang dilarang oleh BPOM :

  1. Klorin
  2. Kloroform
  3. Hidrokarbon
  4. Naphthalene
  5. Sulingan minyak bumi atau petroleum
  6. Phthalates
  7. Benzene
  8. Bithionol
  9. Polyethylene
  10. BHA atau Butylated hydroxyanisole

Bahan tambahan yang perlu diwaspadai

Selain beberapa bahan yang dilarang penggunaannya pada kosmetik, anda juga perlu memperhatikan bahan tambahan dalam kosmetik yang juga dapat berpotensi menimbulkan efek samping atau bahaya.

  1. Bahan wewangian

Fragrance atau aroma merupakan bahan yang sering ada dalam kosmetik meskipun bukan kandungan utama. Akan tetapi banyak produk perawatan tubuh yang dijual dipasaran dengan keharuman tertentu atau mengandung fragrance. Padahal bahan tersebut dapat menimbulkan reaksi seperti alergi dan reaksi lain. Sehingga ada baiknya bagi anda untuk menghindari produk yang mengandung wewangian pada ingredientnya.

  1. Adanya bahan pengawet

Adanya bahan tambahan seperti pengawet pada kosmetik tentu menjadi perhatian. Bahan yang berguna dalam membunuh bakteri dan memperpanjang masa pakai produk. Akan tetapi, pengawet disini mampu mengiritasi kulit atau bahkan menimbulkan adanya reaksi alergi bahkan menimbulkan aroma yang kurang sedap.

  1. Bahan pada kemasan

Selain memperhatikan kandungan bahan, anda juga perlu dalam memilih kemasan yang aman dan juga kedap terhadap udara seperti membuat bakteri tidak mudah berkembang biak. Sementara jangan pilih kemasan kosmetik yang tidak tertutup dengan rapat maupun kemasan toples dengan mulut terbuka, karena dapat terkontaminasi oleh bakteri.

Jika sudah terkontaminasi mikroorganisme seperti jamur ataupun bakteri, tentu kosmetik akan menjadi berbahaya terlebih jika digunakan.

Selain memastikan registrasi skincare BPOM, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat menggunakan kosmetik. Seperti mencuci tangan hingga bersih, jangan menggunakan kosmetik yang tersimpan lama, hindari kosmetik dari kontaminasi air liur, dan yang paling penting jangan berbagai taua saling meminjamkan kosmetik anda kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *