Manfaat Menjalankan Olahraga Untuk Program Hamil

Manfaat Menjalankan Olahraga Untuk Program Hamil

Jika Anda sedang menjalankan program kehamilan, mungkin beberapa wanita akan bertanya-tanya mengenai apakah aman untuk tetap berolahraga atau haruskan melakukan rutinitas baru. Jawabannya adalah aman, Anda tetap dapat terus berolahraga saat menjalankan program hamil dengan olahraga untuk program hamil.

Manfaat Olahraga Untuk Program Kehamilan

Bolehnya berolahraga selama menjalankan promil ini didasarkan pada beberapa studi yang menunjukkan bahwa seseorang baik laki-laki maupun perempuan yang melakukan olahraga rutin memiliki tingkat kesuburan yang jauh lebih tinggi dibandingkan yang tidak berolahraga.

Studi lain juga menunjukkan bahwa olahraga yang rutin juga dapat meningkatkan kesuburan, melancarkan asi dan proses ovulasi serta dapat mempersiapkan tubuh untuk menyambut masa kehamilan serta proses selanjutnya (persalinan).

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga jenis olahraganya. Karena pada saat program hamil, Anda harus menghindari olahraga berat. Terutama bagi wanita, karena olahraga berat justru dapat menurunkan kesuburan.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga untuk program hamil, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • dapat mengurangi stress,
  • memberikan energi yang lebih banyak,
  • meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik,
  • membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas,
  • membantu meningkatkan kesehatan atau imunitas tubuh jangka panjang.
  • dapat membantu mempertahankan kenaikan berat badan sehat selama proses kehamilan,

Sedangkan bagi ibu hamil, olahraga juga memberikan manfaat tersendiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak (masalah umum ibu hamil),
  • bisa mengurangi gejala kehamilan yang kurang menyenangkan, seperti sakit punggung, sembelit, mual,
  • mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan,
  • meningkatkan kesehatan bagi ibu hamil serta janin yang dikandung.

Olahraga yang disarankan diantaranya adalah jogging, berenang, yoga prenatal, berjalan kaki dan bersepeda dengan sepeda statis. Beberapa jenis olahraga ini menjadi alternatif pilihan untuk tetap aktif olahraga saat menjalankan program hamil.

Semua olahraga yang direkomendasikan tetap harus memperhatikan durasi olahraga. Karena meskipun ringan, jika dilakukan terlalu lama maka akan masuk pada olahraga keras. Jadi selalu perhatikan durasi olahraga Anda.

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga sebelum hamil (olahraga untuk program hamil), maka tidak masalah untuk menjalankan olahraga secara konsisten. Akan tetapi, jika baru memulai untuk berolahraga, ada baiknya untuk melakukannya secara bertahap dan perlahan, dimulai dengan yang ringan, durasi pendek dan jangan terlalu memaksakan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *